Arif Muzayin Shofwan, Miftakhul Rohman Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar Jl. Masjid No. 22 Kauman Kepanjen Kidul Kota Blitar 66117
Ada beragam cara untuk membangun karakter di lembaga pendidikan diniah. Salah satu
cara yang digunakan pada Madrasah Diniah Miftahul Huda Sekardangan Blitar adalah
melalui Kitab Syi’ir Ngudi Susila dan Kitab Syi’ir Mitra Sejati. Penelitian dengan studi
kepustakaan ini bertujuan meneliti nilai-nilai pendidikan karakter dalam kedua kitab
tersebut. Tulisan diskriptif-kualitatif ini mengungkap nilai-nilai pendidikan karakter dari
dua kitab tersebut. Pertama, nilai-nilai pendidikan karakter dalam Kitab Syi’ir Ngudi Susila
berkaitan dengan hal-hal berikut, antara lain: adab anak pada orang tua, disiplin waktu,
tata krama berkaitan sekolah, tata krama anak didik di rumah, tata krama anak terhadap
guru, tata krama anak saat orang tua menerima tamu, serta kewaspadaan dan menjaga
tradisi. Kedua, nilai-nilai pendidikan karakter dalam Kitab Syi’ir Mitra Sejati berkaitan
dengan hal-hal berikut, antara lain: rasa kemanusiaan, tata krama anak terhadap ayah,
tata krama anak terhadap ibu, tata krama rakyat kepada pemerintah, tata krama anak
didik terhadap guru, tata krama terhadap sesama teman, perhatian yang seksama, tata
krama dalam berbicara, tata krama berhubungan dengan sesama, menjaga kesehatan, tata
krama makan, tata krama berpakaian, menjaga kebersihan rumah dan kamar, kewajiban
orang dewasa, hemat, berkunjung kepada sesama dan menerima tamu, menjenguk orang
sakit, melayat orang meninggal, dan tata krama undangan pesta pernikahan.