A. Fikri Amiruddin Ihsani1
, Novi Febriyanti2
1UIN Sunan Ampel Surabaya2UIN Sunan Ampel Surabaya
1fikriamiruddin27@gmail.com,
novikfbr@gmail.com.
Penelitian ini membahas mengenai strategi perencanaan komunikasi dakwah Masjid
Peneleh Surabaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan,
menjelaskan, dan mengetahui strategi perencanaan komunikasi dakwah Masjid Peneleh
Surabaya serta mendeskripsikan, menjelaskan, dan mengetahui strategi perencanaan
komunikasi dakwah Masjid Peneleh Surabaya dalam tinjauan teori struktrual fungsional
Talcott Parsons. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis,
dibandingkan, dan dipadukan sehingga terbentuk sebuah hasil kajian yang sistematis,padu,
dan utuh. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa; (1) Dalam strategi perencanaan
komunikasi dakwah Masjid Peneleh Surabaya mengambil subjek dakwah berasal dari luar,
rancangan pesan meneruskan cara walisongo, media yang digunakan tatap muka, dan
penentuan khalayaknya adalah masyarakat sekitar. (2) Dalam tinjauan teori struktural
fungsional Talcott Parsons, strategi perencanaan komunikasi dakwah Masjid Peneleh
Surabaya meliputi adaptasi dengan kondisi lingkungan sekitar, pencapaian tujuan isi pesan
dakwah kesalehan ritual dan sosial, integrasi antara masyarakat, masjid sebagai tempat
ibadah, dan pondok pesantren tahfidz. Berikutnya dalam pemeliharaan polanya selalu
melakukan komunikasi aktif dan intensif dengan seluruh struktur dan fungsi yang ada di
kawasan Masjid Peneleh Surabaya. Dengan demikian, diharapkan proses komunikasi
dakwah dapat terjalin dengan efektif dan efisien.